SD Muhammadiyah 1 Jakarta Sabet Medali Perak pada Ajang Musabaqah Fahmil Qur’an OlympicAD VII Tingkat Nasional

sdmutujakarta.sch.id—Peserta Cabang Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) Kontingen SD Muhammadiyah 1 Jakarta yang diperkuat oleh Azka Faried Athallah, Ghifari Ismail Rechtman dan Muhammad Airlangga berhasil finish di posisi kedua, setelah setelah babak final yang dilangsungkan di ajang OlympicAD VII Tingkat Nasional Tahun 2024.

Memperoleh nilai 2150, Kontingen SD Muhammadiyah 1 Jakarta berhak memperoleh Perak pada MFQ Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat.

Tahapan Musabaqah Fahmil Qur’an dilakukan dalam 3 babak yaitu: babak penyisihan, babak semi final dan babak final. Pengumuman dan penyerahan medali dihelat setelah final berlangsung.

“Alhamdulillah senang dan bangga bisa meraih medali perak di MFQ ini. Selain itu, dengan memenangkan lomba ini kami berharap, dapat menambah rasa amanah kami untuk terus syiar atas Quran agar terus dibaca, dihafal, ditadabburi dan diamalkan nilainya” ujar Ustadz Dika Fikhrul Islam selaku guru pendamping lomba MFQ.

Ustadz Dika juga menuturkan, sistem perlombaan yang digunakan di MFQ yaitu bentuk cerdas cermat yang menjurus pada pengungkapan ilmu Al-Qur’an dan pemahaman kandungan ayat.

“Selain itu terdapat materi aqidah akhlak, syariah, Ulumul Qur’an, bahasa Arab, dan Inggris, menerjemahkan Al- Qur’an dan Hadist, kemasyarakatan, lingkungan hidup, kependudukan, kesejahteraan,kerukunan, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan lain-lain.” ungkapnya.

Ia juga menambahkan materi tambahan lomba MFQ meliputi ilmu Tajwid, menjelaskan/mensyarahkan maksud ayat, ilmu tafsir, kisah-kisah dalam Al-Qur’an, sejarah Islam (Tarikh), sejarah perkembangan Islam di Indonesia, seni baca Al-Qur’an dan lain-lain.

“Untuk target, ke depannya kami berharap dapat menemukan generasi baru di SD Muhammadiyah 1 Jakarta untuk meneruskan estafet perjuangan mengharumkan nama sekolah dan syiar sekolah dalam bidang perlombaan MFQ ini” tutur Ustadz Dika.

Prestasi yang diperoleh merupakan buah dari perjuangan para peserta, do’a, serta dukungan dari berbagai pihak terutama Orangtua. Para pembina yang mendedikasikan waktu dan tenaga untuk membimbing para peserta serta para fasilitator yang telah membantu menjalankan pembinaan ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah 1 Jakarta. (ars,syf)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
  • Your cart is empty.
Scroll to Top