Screening Kesehatan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kesehatan Peserta Didik di SD Muhammadiyah 1 Jakarta

SD Muhammadiyah 1 Jakarta sebagai sekolah unggulan yang terletak di jantung kota kemayoran, sebagaimana yang diketahui bersama sekolah tersebut memiliki banyak program, salah satunya adalah program screening kesehatan bagi peserta didik. Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Hal ini karena kesehatan memberikan pengaruh besar terhadap kegiatan belajar bagi peserta didik. Dengan dilaksanakannya program ini, diharapkan para peserta didik mampu mengikuti kegiatan belajar secara maksimal.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan peserta didik, Tim UKS Puskesmas Kemayoran mengadakan Tes Screening Kesehatan yang merupakan program rutin.  Hari Rabu (31/1) merupakan jadwal screening kesehatan SD Muhammadiyah 1 Jakarta yang wajib diikuti oleh semua peserta didik kelas 1 sampai kelas 6, serta para guru dan karyawan SD Muhammadiyah 1 Jakarta.

Screening kesehatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Kemayoran meliputi: penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan kesehatan gigi, dan mulut serta pemeriksaan kesehatan telinga, mata dan golongan darah. 

“Dilaksanakannya Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah (Screening) merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini warga SD Muhamamdiyah 1 Jakarta yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik” Ujar Winda Nur Ramadhani selaku pembina UKS SD Mutu Jakarta.

Adapun Tim screening dari Puskesmas Kecamatan Kemyaoran beranggotakan dokter, perawat, perawat gigi, dan petugas laboratorium screening kesehatan yang dilakukan berupa tes tajam penglihatan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan telinga, pemeriksaan gigi, dan golongan darah.

Kemudian untuk hasil dari kegiatan screening diserahkan kembali ke sekolah untuk kemudian dilakukan tindak lanjut. Bagi peserta didik yang sekiranya perlu tindakan medis, diberikan rujukan agar dapat memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat. “Alhamdulillah siswa SD Muhammadiyah 1 Jakarta masih  kategori aman dan tidak ada kasus (temuan) terkait hasil screening kesehatan” pungkas Winda

Nining Sukamah selaku Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Jakarta juga menuturkan adanya program screening kesehatan menjadi salah satu program unggulan sekolah. Diharapkan para peserta didik SD Muhammadiyah 1 Jakarta lebih memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan. (syf,ns)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
  • Your cart is empty.
Scroll to Top